TANGERANG, Suaramerdekanews.com, 22 Juli 2023 , Kabag Perekonomian Daerah Setda Kabupaten Merauke, Fransiskus Ciwe, SE mengatakan, “ini kehadiran kami dari Kabupaten Merauke untuk yang kesekian kalinya di Pameran Apkasi Otonomi Expo ini. Dan ada beberapa produk komoditi yang kami hadirkan di pameran ini, “terangnya saat ditemui di hari terakhir pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di ICE BSD Tangerang, Sabtu (22/7/2023).

Lebih lanjut, Fransiskus yang akrab di sapa Pak Ciwe ini menjelaskan bahwa kami ingin bagaimana agar UMKM di Merauke terutama orang-orang asli Papua bisa mulai bangkit dan berpartisipasi dalam perekonomiannya terutama pasca Pandemi ini.

Menurut Pak Ciwe oleh karena itu di pameran ini kami membawa kopi yang dulu di Merauke tidak laku, namun dalam beberapa tahun ini kami mulai gencar untuk mempromosikan kembali beberapa komoditi ini agar memiliki harga.

“Puji Tuhan, Bulan September nanti kami akan di undang ke Moscow untuk membawa Kopi Robusta Muting dari Merauke, ” ucapnya.

Selain Kopi, Pak Ciwe menyebutkan ada beberapa komoditi lain seperti madu di taman nasional uasur, yang juga merupakan andalan. Selain itu beberapa produk lokal seperti ikan asin, terasi yang memiliki rasa yang lebih bagus, namun selama ini belum dikenal, karena kurangnya promosi baik di momen ini maupun di momen – momen lainnya.

Pak Ciwe menyebutkan, oleh karena itu di momen ini kita kembali mempromosikan agar produk kebanggaan masyarakat kita itu bisa terangkat. Sebab kata dia selama ini untuk membangkitkan perekonomian orang Papua itu tidak mudah tentunya.

“Kami berharap dengan momen ini bisa mengangkat itu semua, ” tuturnya.

Ketika ditanya tentang perkembangan di hari terakhir ini, Pak Ciwe menyebutkan bahwa antusiasme masyarakat untuk berkunjung cukup tinggi terutama di stand Kabupaten Merauke.

” Kami berharap dengan event seperti ini ada kerjasama yang bisa ditindaklanjuti, “tuturnya.

Terkait kendala kendala yang dihadapi selama ini, dirinya menyebutkan selama ini kurangnya promosi dan pembiayaan oleh karena itu diharapkan para pelaku usaha selalu aktif untuk ikut di event – event seperti ini, dan dari Pemerintah siap mendorong.

“Kami harap mereka terlibat langsung untuk melihat pasar kopi nasional saat ini seperti apa, jadi tidak hanya di kampung, agar ada brand – brand yang ada di Nasional, Regional bahkan di lokal kita, “ujarnya.

Harapan kami terutama untuk panitia event untuk membantu kita untuk bisa dipertemukan dengan para buyer ataupun Investor, ” Pungkasnya.