Jakarta, Suaramerdekanews.com, 1 Maret 2023, Panitia Nasional Touring Bela Negara Series (TBN Series) diakhir bulan februari 2023 ini menggebrak dengan menggandeng Pertamina Lubricant sebagai sponsor utama dalam gelaran acara yang akan dihelat sepanjang tahun 2023 ini.

TBN Series yang saat ini memiliki anggota 151 komunitas atau klub otomotif roda 4 sejabodetabek ini, pada Minggu, 26 Februari 2023, bertempat di Main hall pabrik Pertamina Lubricant, Jl.Jampea No.2227, RW 001, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, melakukan MOU kerjasama.

Tampak hadir langsung para petinggi Pertamina Lubricant yang dipimpin oleh Nugroho Setyo Utomo selaku Vice President Sales & Marketing Domestic Retail Automotive, didampingi oleh Fajar Nugroho, dan Ilma Meidira, dari Brand comm Pertamina Lubricants.

Dalam sambutannya Nugroho Setyo Utomo mengatakan, “Kami sangat menyambut baik kerjasama ini, karena kami melihat pada pagi hari ini, dengan waktu persiapan yang pendek sekali, dan juga cuaca hujan yang mengguyur, dari koordinasi yang dilakukan Fajar Nugroho Pertamina Lubricants dan Imam Sayuti Ogiansyah Wakil Ketua TBN Series, bisa dengan solid mengumpulkan para perwakilan klub otomotif dan kami melihat potensi luar biasa paguyuban otomotif ini, dari segi jumlah komunitas/ club, dan keberagaman kendaraan sebagai bagian dari pengguna setia oli kami. Untuk itu kami akan mendukung gelaran acara TBN Series disepanjang 2023 ini”, kata pria ramah ini bersemangat.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Presidium Nasional TBN Series Donny Pur yang juga menyampaikan sambutan mengatakan, “Gerakan TBN Series ini tidak hanya mengumpulkan club / komunitas otomotif tetapi juga disetiap gelaran acara kami selalu memasukkan nilai – nilai cinta Pancasila dan Bela Negara versi otomotif, dalam setiap acara kita selalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, menguatkan yel-yel nasionalis, dan juga mengunjungi obyek vital negara, seperti contoh pada hari ini kita bersama perwakilan 85 club / komunitas yang hadir datang ke pabrik oli pertamina Lubricants, yang merupakan aset bangsa, dan kebanggaan kita semua, dan ini merupakan bagian dari gerakan bela negara”, papar Donny Pur berapi-api, yang didampingi oleh Humas Nasional TBN Series Jeremy Timothy dan Henny Agustina selaku Bendahara Umum.

Acara bertajuk Community Visit ini digelar di 2 lokasi utama, yaitu di Pabrik Pertamina Lubricant Ancol dan setelah itu dilanjutkan dengan turing kecil mengunjungi Lubricant Technology Center (LTC) yang terletak Jl.Pertamina Rw.008, Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam paparannya, Head of Pabrik Pertamina Lubricants Doddy Arief Aditya, sebagai Manager Production Unit Jakarta, didampingi I Gede Dharma Susila sebagai LOBP Head, menjelaskan secara detail oil processing dan juga profile perusahaan, “Dengan mengetahui oil processing ini, diharapkan para peserta bisa mendapatkan ilmu secara langsung, dan juga memupuk kecintaan terhadap produk dalam negeri, yang merupakan bagian dari semangat Bela Negara itu sendiri”, katanya menutup paparannya yang disambut secara antusias oleh para peserta TBN Series.

Tampak hadir pula di acara tersebut Jouw Marthin Owners PT. Artha Utama Foodindo, selaku distributor ice cream AICE, dan Doddy Pratomo selaku Pimpinan Cabang Bank BRI Menara Brilian, serta 85 perwakilan club / komunitas otomotif roda 4 sejabodetabek.

Lubricant Technology Center sendiri adalah fasilitas riset yang merupakan Integrated Technology Solution. Dimulai dari teknologi dalam pengembangan (Research & Development), hingga teknologi dalam layanan purna jual, serta pusat edukasi pelanggan. Dan ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang dimiliki oleh Produsen Pelumas.

Dalam kesempatan terpisah Donny Pur menambahkan, “kerjasama MOU ini merupakan kerjasama strategis, dan memiliki arti penting, dimana kami bisa lebih intens bekerjasama dengan Pertamina Lubricants, dalam menggelar acara otomotif yang bertemakan bela negara dan pembumian Pancasila, yang juga memiliki peran strategis dalam hal penetrasi pasar kedalam anggota – anggota komunitas yang berjumlah puluhan ribu, untuk lebih mencintai produk bangsa sendiri, dengan berbagai macam keunggulannya”, tutup pria ramah ini didampingi oleh Irwantoko SP sebagai Ketua Panitia Nasional, Ahmad Sujay, Gunawan, dan Sukrianto dari TBN Series.

Acara diawali dengan tikum di area parkir Pabrik Pertamina Lubricants di Koja, pukul 7.00 WIB dengan pembagian stiker convoy sekaligus registrasi peserta, kemudian peserta diarahakan menuju aula serbaguna di Lt 3 gedung Utama tempat acara berlangsung, Ice Breaking oleh MC tanda dimulainya acara disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Dan paparan yang menarik dari Pertamina Lubricants. Pukul 11.00 para peserta diajak keliling pabrik, dilanjutkan dengan makan ice cream bersama sebelum line up menuju Lubricant Technology Center (LTC) di Kelapa Gading.

Acara convoy berlangsung tertib, lancar dan menyenangkan para peserta, terhitung 89 kendaraan peserta TBN Series dari merk Maserati Grand Tourismo, Porsche, sampai dengan LCGC serta Honda Accord Executive th 1982, turut berbaris rapih mengikuti sampai Tiba di area LTC. Makan siang bersama , keliling laboratorium dan pembagian doorprize adalah puncak akhir acara ini.

Antusiame peserta dengan acara ini juga disampaikan oleh beberapa Ketua Umum club / komunitas yang hadir diantaranya oleh Endang Sugiantono Ketua Umum Daihatsu Xenia Indonesia Club yang memiliki anggota sebanyak 5000an anggota.
“Kami sangat antusias mengikuti acara ini dari awal sampai akhir, karena kesempatan ini sungguh sangat langka, bisa mengunjungi langsung salah satu asset vital nasional, dan juga kedepannya kami menyambut baik kerjasama Pertamina Lubricants dengan TBN Series, dalam membuat setiap event, dan berharap para anggota kami bisa dilibatkan secara aktif”, tuturnya yang diamini juga oleh Dadang Jayanta Sukma Ketua Umum Indonesia APV Club, dan Nugroho Budi Santoso Ketua Umum IMEC Indonesian Mirage Club serta Bambang Winarko dari Toyota Daihatsu United.