JAKARTA – Suaramerdekanews.com, 1 Maret 2022, Polda Metro Jaya menggelar Apel pasukan dalam rangka operasi kepolisian mandiri kewilayahan bernama Operasi Keselamatan Jaya 2022 di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 1 s/d 14 Maret 2022 dengan melibatkan TNI dan Pemprov DKI Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan bahwa kegiatan operasi tersebut dalam bentuk keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas dan sosialisasi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19.

“Kegiatan (operasi) ini diutamakan pre-emtif dan preventif fokus kegiatan masarakat dalam berlalu lintas, kemudian terkait dengan protokol kesehatan yang saat ini masih berlangsung pandemi covid 19,” kata Kapolda yang dibacakan Karoops PMJ, Kombes Pol Marsudianto, Selasa (1/3/2022).

Dalam operasi tersebut, kata Marsudianto, Polda Metro Jaya akan melibatkan sebanyak 3.164 personel gabungan terdiri dari Polda Metro Jaya sebanyak 3.024 personel, TNI 80 personel dan Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak 60 personel.

“Adapun kegiatannya nanti ada di beberapa titik kurang lebih sebanyak 83 titik, dari Polda sendiri nanti akan melaksanakan di 38 titik sedangkan dari Polres jajaran sebanyak 45 titik ,” ujarnya.

“Kegiatannya lebih banyak kepada himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan ,” tutur Marsudianto.

Karoops Polda Metro Jaya menegaskan, bahwa dalam pelaksanaan operasi tersebut pihaknya tidak akan melakukan penilangan dan penindakan terhadap masyarakat.

“Dalam Operasi ini tidak ada yang namanya penindakan menilang dan sebagainya, kegiatan ini diutamakan pre-emtif dan preventif ,” pungkasnya.

Dalam apel tersebut, Kapolda dan Wakapolda Metro Jaya berhalangan hadir, kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Metro Jaya beserta jajaran, TNI , serta Pemda DKI Jakarta.