Jakarta- 25 Januari 2022, suaramerdekanews.com,.Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival Pesona Kopi Agroforestry di gedung Manggala Wanabakti Jakarta tanggal 25 – 27 Januari 2022 bekerjasama dengan Media Indonesia.

Pesona sendiri adalah Forum Perhutanan Sosial Nusantara yang berisi anggota kelompok kerja Perhutanan Sosial di seluruh Indonesia. Forum ini menjadi wadah bagi KLHK untuk menyampaikan kebijakan dan sekaligus forum belajar bersama para stakeholder dalam kegiatan isu Perhutanan Sosial.

Perhutanan sosial adalah program KLHK yang bertujuan memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan.

Salah satu hasil hutan berupa produk yang dapat bersaing di pasar adalah kopi,bahkan baru-baru ini kopi hasil kegiatan perhutanan sosial yang ditanam dan dipelihara oleh petani kopi berhasil mendapatkan kesepakatan kerjasama dengan perusahaan internasional dari Turki.

Sekarang saatnya produk dari petani mampu bersaing di pasar Internasional dengan pendampingan dari KLHK khususnya Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL).

Festival Pesona Kopi yang digelar di gedung Manggala Wanabakti akan menyajikan berbagai kegiatan terkait dengan komoditi kopi hasil kegiatan perhutanan sosial.

Adapun tamu yang hadir menurut pantauan wartawan penerustranformasi adalah dari berbagai tempat dalam dan luar pulau ,dengan adanya pameran ini semua peserta pameran sangat bersyukur dengan keikutan sertaan mreka.

Salah satu peserta dari Pandeglang,Darto mengungkapkan ” Merasa bersyukur dapat diundang dalam acara pameran kopi ini sehingga saya dapat lebih mengenalkan produk kopi kami ,mudah mudahan produk kami bisa sampai tembus mancanegara dengan kuantity yang lebih besar lagi,” ujarnya.