JAKARTA, Suaramerdekanews.com, 19 Juni 2023, Kadin Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gelar Rapat Kerja Nasional Kadin Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membahas implementasi Program Kerja dan menyiapkan Rencana Kerja Tahunan.

Rakernas dilaksanakan di Ayana Mid Plaza Hotel, Jakarta, Senin (19/06/2023), dengan mengambil tema “Penguatan Infrastruktur dan Talenta Digital dalam Mendukung Percepatan Digitalisasi Nasional”.

Tumbur Pardede, Wakil Ketua Ekosistem Digital Kadin Jakarta Selatan menyampaikan kehadirannya di acara ini.
“Berbicara ranah saya, sebagai Kadin Jakarta Selatan yang berkecimpung di dunia digital, Rakernas Kadin Bidang Kominfo 2023 ini bagus sekali, tadi saya sampaikan bahwa banyak pihak-pihak baik itu konglomerasi ataupun Kadin itu sendiri banyak melakukan kolaborasi-kolaborasi terkait digitalisasi, termasuk konten kreator, “ujarnya.

Lebih lanjut, sambung Tumbur, sesuai usulan saya, sebenarnya program-program yang dilakukan banyak pihak ini sebenarnya tidak merata di Indonesia. pengalaman saya di industri fintech ada regulatornya, ada Asosiasinya, dan mereka yang mengkoordinir. Oleh karena itu kita melakukan kegiatan literasi dan sosialisasi sampai ke daerah-daerah itu cukup berhasil.

Tumbur meng ibaratkan Pinjol yang merupakan salah satu hasil kerja keras kita semua tetapi memang terorganisir. Jadi saya bilang tantangannya, dan konkretnya itu apa, “ujarnya.

Menurut Tumbur harus ada langkah konkret, dan dirinya berharap program-program digitalisasi atau apapun itu, baik konten-konten dan apapun yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya di lakukan oleh swasta agar di koordinir oleh Kadin. Karena Kadin itu di bawah undang-undang, jadi Kadin memiliki kewenangan untuk menjadi koordinator terkait digitalisasi, “ujarnya.

Tumbur menyebut, jika itu bisa dikoordinir masuk dalam satu program Ikadin, maka gaungnya akan sangat luar biasa.

Tumbur berharap jika ini menjadi satu program yang luar biasa dan tidak tumpang tindih, dan saling beririsan, oleh karena itu Rakernas ini sangat luar biasa dan Kadin menjadi motor penggeraknya dalam hal digitalisasi utamanya literasi, dan bukan sesuatu yang membosankan jika dilakukan melalui cerita dan bahasa – bahasa yang lebih gampang.

Jadi sosialisasi dan literasi melalui cerita yang bisa dipahami oleh masyarakat. Dengan melibatkan banyak konten kreator yang memiliki banyak pengalaman.

Harapannya adalah Kadin Indonesia bisa menjadi koordinator dalam hal digitalisasi dan sosialisasi kepada masyarakat, “pungkasnya.