Jakarta, Suaramerdekanews.com, 9 Juli 2022, The Mauritanian adalah film drama tentang proses hukum yang harus dilalui oleh seorang pengacara untuk membebaskan kliennya yang dituduh sebagai teroris tapi tanpa bukti. Film ini diangkat dari memoir tulisan Mohamedou Ould Slahi yang berjudul Guantanamo Diary yang terbit pada tahun 2015 silam.

Seorang warga negara Mauritania ditangkap dan ditahan dalam penyiksaan oleh pemerintah Amerika di penjara Guantanamo Bay atas dugaan teroris yang terlibat di dalam peristiwa 9/11. Seorang pengacara datang empat tahun kemudian memperjuangkan kebebasannya karena dianggap tidak bersalah, sementara pemerintah Amerika pun ingin menghukumnya.

Kevin Macdonald, sebagai sutradara yang pernah mengangkat kisah bersejarah lewat film The Last King of Scotland (2006), tentunya fasih dalam memaparkan fakta sejarah dalam balutan thriller yang mencekam. Apakah film ini akan mengungkit tema yang sensitif dengan adil sesuai fakta dan tidak mengorbankannya demi membuat cerita yang menarik. Ingin tau kelanjutannya ? Saksikan segera di Bioskop kesayangan anda.